Keuntungan Menggunakan Buku Kas untuk Manajemen Keuangan

Buku Kas seringkali digunakan oleh individu ataupun badan usaha yang memerlukan pertanggung jawaban atas transaksi yang dilakukan. Mulai dari pengeluaran, penerimaan atau pendapatan hingga hutang piutang sekalipun perlu dimonitor dengan baik. Apabila memiliki catatan keuangan, maka Anda bisa dengan mudah dalam memanajemen keuangan usaha yang sedang dijalankan. Simak penjelasan lengkap berikut.

Pengertian Buku Kas

Buku Kas merupakan alat untuk mengatur dan mengelola keuangan yang paling tua dan masih digunakan hingga saat ini. Itu masih akan tetap diperlukan di waktu yang akan datang, baik di perusahaan kecil hingga perusahaan menengah, besar hingga multinasional yang memperoleh omzet miliaran rupiah.

Memiliki bentuk yang sederhana, setidaknya ada tiga hingga empat kolom yang berisi, keterangan, debit, kredit serta saldo. Ada juga yang tidak menyertakan kolom saldo, namun menuliskan di bawah laporan kas. Antara angka saldo kas harus sesuai dengan jumlah uang secara fisik. Apabila tidak sama maka terjadi sebuah kesalahan pada transaksi atau pencatatan itu sendiri.

Apa Itu Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan adalah aktivitas atau kegiatan mulai dari perencanaan, pengelolaan, penyimpanan hingga pengendalian dana serta asset yang dimiliki sebuah usaha. Dengan pengelolaan yang baik arus kas Anda dapat terpantau terus agar tidak terjadi hal-hal diluar keinginan.

Banyak sekali kemudahan yang akan diperoleh ketika pengelolaan keuangan itu dilakukan secara baik dan benar. Seperti juga dalam mempersiapkan struktur modal akan lebih gampang menyeimbangkan antara anggaran dengan dana yang dimiliki dan masih banyak lainnya. Saat ini untuk lebih mudah membuat catatan keuangan tidak perlu mencatatnya secara manual lagi, kini ada aplikasi yang bisa di unduh melalui handphone.

Keuntungan Menggunakan Buku Kas

Perusahaan kecil yang dikelola individu hingga yang beromzet miliaran, itu semua membutuhkan dengan yang namanya buku kas. Banyak sekali keuntungan yang akan diperoleh dalam sebuah usaha apabila menggunakannya.

  • Dapat melindungi Uang Anda

Dengan mempunyai catatan Anda bisa dengan mudah mengetahui berapa jumlah uang yang dimiliki. Dengan catatan tersebut pasti uang juga akan terkelola dengan baik, setiap waktu Anda bisa menghitungnya dan mencocokkan dengan catatan yang dimiliki.

  • Memonitor kemana uang mengalir

Dengan memiliki pencatatan keuangan Anda juga bisa mengendalikan biaya dan pengeluaran kas. Antara pengeluaran harus sesuai dengan tujuan usaha, nah buku yang Anda miliki menyediakan informasi tentang apa saja uang digunakan. Melalui buku tersebutlah Anda bisa dengan mudah memonitor dan mengendalikan keuangan agar tidak terjadi rugi.

  • ┬áMengetahui perkembangan usaha

Anda bisa menilai performa keuangan usaha melalui laporan keuangan yang lengkap dengan system akuntansi yang baik.

Setelah mengetahui informasi Buku Kas di atas, pasti Anda akan membutuhkan akuntansi UKM untuk usaha dalam bentuk digital bukan? Nah, daripada bingung mencarinya, Anda bisa memilih aplikasi BukuKas untuk pencatatan keuangan bisnis Anda. Banyak sekali keuntungan yang akan diperoleh. Jika Anda kesulitan melakukan pencatatan keuangan secara manual instal saja aplikasi ini. Aplikasi ini bisa mencatat semua arus keuangan usaha Anda dengan aman dan mudah. Langsung instal melalui Google play store sekarang juga.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *