Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Kaki

Kaki merupakan salah satu bagian tubuh yang perlu dijaga kesehatan dan juga kecantikannya. Dimana cara untuk menjaga agar kaki tetap cantik biasanya adalah dengan menggunakan body lotion, mencukur bulu kaki, mengoleskan pelembab agar kaki tidak menjadi kasar, dan juga melakukan beberapa cara agar kaki tidak menjadi bau. Bau kaki sendiri merupakan salah satu hal yang bisa timbul apabila Anda tidak menjaga kondisi kebersihan kaki. Dimana bau kaki tersebut karena kondisi kaki yang lembab dan juga mengalami keringat yang berlebihan. Sehingga hal tersebut membuat kaki menjadi bau. Selain itu bau kaki juga bisa disebabkan oleh kurang menjaga kebersihan, perubahan hormon, dan juga karena infeksi jamur. Sehingga ketika muncul bau kaki tentu saja akan sangat mengganggu percaya diri. Bagi Anda yang mengalami bau kaki, bisa untuk melakukan beberapa cara untukĀ cara menghilangkan bau kaki maupun mencegahnya. Beberapa cara tersebut adalah sebagai berikut:

1. Membersihkan kaki dengan tepat

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk menghindari bau kaki adalah dengan menjaga kebersihan kaki. Hal ini pertama bisa dilakukan dengan membersihkan kaki setiap hari. Ketika Anda mandi maka penting untuk membersihkan kaki dengan tepat yaitu dengan membersihkannya hingga ke sela-sela. Begitu juga ketika mengeringkannya juga perlu untuk membersihkan dan mengeringkannya hingga ke sela-sela jari kaki. Selain membersihkan dan mengeringkan kaki, Anda juga bisa merendam kaki dengan air garam atau air cuka selama 10 hingga 20 menit untuk menghilangkan bau kaki.

2. Menjaga kebersihan kuku

Hal lain yang berpengaruh untuk membuat kaki Anda tidak bau adalah dengan menjaga kebersihan kuku. Ada banyak orang yang malas untuk memotong kuku karena nantinya bisa dihias ataupun untuk estetika. Akan tetapi kuku yang tidak dibersihkan nantinya dapat untuk mendatangkan penyakit dan juga dapat membuat kaki bau. Oleh karena itulah pastikan untuk membersihkan dan juga memotong kuku dengan rutin. Potonglah kuku seminggu sekali atau ketika kuku sudah mulai panjang dan kotor.

3. Menggunakan sepatu dengan tepat

Untuk menghindari kaki bau juga bisa dengan memilih sepatu dengan tepat. Anda bisa memilih bahan sepatu yang tepat yaitu yang menggunakan bahan kanvas atau kulit. Bahan tersebut akan membuat sepatu mempunyai ventilasi yang lebih baik. Selain itu juga jangan menggunakan sepatu dua hari berturut-turut. Sepatu juga perlu disimpan di tempat kering agar tidak membuat sepatu tersebut banyak jamur.

4. Menggunakan kaos kaki yang bersih

Selain sepatu, bagi Anda yang suka menggunakan kaos kaki juga perlu untuk menjaga kebersihan kaos kaki yang digunakan. Gantilah kaos kaki yang digunakan setiap hari sehingga dapat menghindari kaki menjadi bau. Selain itu pilihlah bahan kaos kaki yang dapat membuat kaki tetap kering dan mempunyai ventilasi yang bagus. Bagi Anda yang suka untuk berolahraga ataupun ketika cuaca sedang panas juga sebaiknya segera ganti kaos kaki yang digunakan. Sehingga apabila kaos kaki sudah terkena keringat maka bisa diganti dengan yang baru.

5. Menggunakan deodoran kaki

Cara menghilangkan bau kakiĀ yang terakhir selain dengan berbagai pencegahan di atas juga bisa untuk menggunakan deodoran khusus kaki. Anda bisa untuk memilih deodoran yang bisa didapatkan yaitu yang bentuk spray atau juga yang bisa disemprot ke kaki. Sehingga dengan menggunakan deodorant tersebut dapat untuk mengurangi bau kaki yang tidak sedap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *