Gejala Sinusitis Muncul? Redakan dengan 6 Cara Pengobatan Ini

Sinusitis merupakan kondisi di mana terjadi peradangan di sekitar hidung dan tenggorokan. Saat penyakit ini kumat, maka penderitanya bisa merasakan nyeri pada bagian wajah, kesulitan untuk bernapas, serta sakit kepala yang teramat sangat. Jika Anda mengidap penyakit ini dan gejala sinusitis tersebut muncul, redakan rasa sakit yang timbul lewat 6 cara pengobatan berikut ini.

  1. Antibiotik

Jika sinusitis yang Anda derita disebabkan oleh bakteri, maka dokter umumnya akan meresepkan antibiotik untuk Anda. Penggunaan antibiotik untuk sinusitis kronis akan lebih lama dibanding sinusitis akut yang hanya dikonsumsi hingga 2 minggu. Namun, jika sinusitis yang Anda derita ternyata disebabkan oleh virus, maka penggunaan antibiotik tak akan bisa membantu pemulihan.

  1. Dekongestan

Penggunaan dekongestan tak hanya membantu saat hidung tersumbat karena flu, namun juga saat sinusitis menyerang. Dekongestan mampu mengecilkan kembali saluran nasal yang mengalami pembengkakan. Namun, dekongestan hanya bisa membantu pemulihan jika digunakan tak lebih dari 3 atau pun 4 hari. Penggunaan dekongestan secara berlebihan akan dapat menyebabkan Anda ketergantungan.

  1. Antihistamin

Penggunaan antihistamin akan mampu mencegah peradangan yang disebabkan karena alergi. Dengan begini, pembengkakan pada dinding sinus yang disebabkan oleh alergi akan dapat dihindari. Sebelum penggunaan obat anti alergi ini, baiknya pastikan dulu apakah memang sinusitis yang Anda derita disebabkan oleh alergi terhadap suatu hal atau tidak.

  1. Painkillers atau Obat Penghilang Rasa Sakit

Painkiller atau obat penghilang rasa sakit juga kerap dimanfaatkan untuk meredakan gejala penyakit sinusitis yang muncul. Ibuprofen dan asetaminofen merupakan dua jenis painkillers yang kerap dikonsumsi saat sinusitis menyerang. Namun patut untuk Anda perhatikan, jangan pernah mengonsumsinya lebih dari 10 hari. Komunikasikan dengan dokter, painkillers yang cocok untuk Anda.

  1. Steroid

Steroid juga dimanfaatkan di dunia kesehatan untuk meredakan sakit akibat sinusitis. Steroid yang dimanfaatkan dengan cara dihirup ini, akan mampu untuk meredakan pembengkakan yang terjadi di membran sinus. Pada beberapa kasus sinusitis kronis, ada juga pasien yang langsung mengonsumsi steroid ini.

  1. Operasi Sinusitis

Jika sinusitis akut atau kronis yang diderita kerap kembali terjadi, maka jalan operasi mungkin merupakan solusi yang paling tepat. Dokter akan membersihkan penyebab penyumbatan pada saluran sinusitis dan juga melebarkannya sehingga proses pengeringan cairan kembali normal. Dengan begini, risiko terjadinya peradangan pada saluran sinusitis tersebut akan otomatis berkurang.

Rasa sakit yang ditimbulkan saat sinusitis yang Anda derita sedang kambuh memang kadang tak tertahankan. Agar tak larut dalam ketidaknyamanan saat ragam gejala sinusitis ini muncul, Anda bisa memilih ragam jenis pengobatan yang dipaparkan di atas. Operasi sinus mungkin bisa jadi pilihan terbaik bagi Anda, agar gejala penyakit sinusitis yang kerap mendera tak lagi muncul.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *