10 Hal Yang Meningkatkan Kualitas Sperma

Peningkatan jumlah laki-laki dan perempuan modern yang mengalami infertilitas atau sulit hamil disebabkan oleh banyak faktor. Yang utama yaitu gaya hidup.

Gaya hidup modern yang menyerupai merokok atau malas bergerak aktif diketahui menjadi penyebab utama. Faktor lainnya yaitu kurang cukup nutrisi yang dibutuhkan tubuh, mulai dari dari selenium, zinc, asam folat, dan antioksidan.

Hal yang penting untuk menjaga kualitas sperma tetap prima antara lain yaitu mengurangi stres, melaksanakan olahraga ringan secara rutin, menghindari rokok, dan kuliner cepat saji.

Berikut ini yaitu faktor lainnya yang sanggup meningkatkan kualitas sperma:

1. Asup kuliner yang berwarna merah
Makanan yang berwarna merah mengandung likopen, antioksidan yang baik untuk sperma dan motilitas (pergerakannya). Tomat, cherri, apel merah dan stroberi yaitu pola dari kuliner yang sanggup membantu memperbaiki kualitas sperma sampai 80 persen.

2. Hindari memangku laptop
Meletakkan laptop di pangkuan sanggup merusak sperma lantaran panas yang dikeluarkan oleh laptop bersahabat dengan skrotum. Akibatnya, sperma tidak sanggup bergerak dan ada kerusakan DNA lantaran panas dari laptop. Sebaiknya, taruh laptop diatas meja jikalau ingin digunakan.

3. Protein yang cukup
Anda harus mengasup materi kuliner yang mengandung protein. Daging ayam, daging kambing, ikan dan telur mengandung protein untuk meningkatkan mutu sperma. Selain itu, Anda juga sanggup mengonsumsi kenari, kacang mete dan biji labu.

4. Hindari kacang kedelai
Untuk menjaga kualitas sperma, hindari mengonsumsi kacang kedelai terlalu banyak lantaran mengandung imbas estrogenik (mirip hormon wanita), sehingga sanggup menurunkan kesuburan laki-laki dan juga produksi sperma.

5. Jangan lupakan mineral
Riset membuktikan, vitamin C, zinc, selenium dan asam folat sanggup meningkatkan kualitas dan jumlah sperma. Makanan yang mengandung zinc yaitu bayam dan labu. Sedangkan vitamin C diperoleh pada pepaya dan citrus. Anda juga sanggup memperoleh vitamin tersebut dalam bentuk suplemen.

6. Hindari pemakaian plastik untuk makanan
Makanan atau minuman yang dibungkus plastik sangat berbahaya lantaran kandungan materi kimia dalam plastik akan tercampur dalam kuliner atau minuman. Jika dikonsumsi, materi kimia akan masuk ke dalam badan dan akan berefek jelek pada sperma. Ganti penggunaan botol plastik atau plastik epilog kuliner dengan wadah berbahan logam.

7. Konsumsi Omega 3 
Asam lemak omega 3 didapatkan pada ikan maritim dalam, menyerupai salmon dan tuna serta minyak zaitun. Sperma terdiri dari protein dan lemak, oleh lantaran itu kualitas sperma ditentukan pada kandungan asam lemak yang dibutuhkan untuk menciptakan membran sel dari sel sperma. Asam lemak esensial sangat baik untuk sperma lantaran tidak gampang rusak oleh radikal bebas dalam tubuh.

8. Minum kopi
Kopi sanggup meningkatkan kualitas dan pergerakan sperma. Namun jangan mengonsumsi terlalu banyak, 1 – 2 gelas per hari sudah cukup.

9. Latihan fisik
Latihan fisik sanggup meningkatkan sirkulasi darah, yang kemudian akan meningkatkan pedoman darah ke penis. Hal ini menjadikan pasokan oksigen dan nutrisi ke spermatozoa. Namun, latihan fisik yang berat juga akan berdampak jelek pada sperma. Cukup luangkan waktu 5 hari dalam seminggu dan 45 menit per harinya.

10. Konsumsi kalsium dari sayuran
Kubis dan brokoli baik untuk kualitas sperma. Makanan tersebut akan membersihkan hati dan mengeluarkan racun dari badan sekaligus memperbaiki kualitas sperma. (Muthia Zulfa)